About

Jadi Jutawan Cuma Modal Nulis

Pages

Saturday 13 January 2018

PEMANFAATAN PROGRAM MEDIA


PEMANFAATAN PROGRAM MEDIA




Dalam pemanfaatan program media, yang perlu dirancang dengan baik bukan hanya pembuatan media itu sendiri. Pemanfaatan media itu pun perlu diatur dan dirancang sebaik-baiknnya. Lebih-lebih bila media itu merupakan media pembelajaran. Supaya media pembelajaran itu efektif, pemanfaatan media itu harus direncanakan dan dirancang secara sistematis

A.    POLA PEMANFAATAN
            Ada beberapa pola pemanfaatan media pembelajaran yang dapat dilakukan diantaranya :
1.      Pemanfaatan media dalam situasi kelas (classroom setting)
2.      Pemanfaatan media diluar situasi kelas         
a.       pemanfaatan secara bebas
ialah bahwa media itu digunakan tanpa dikontrol atau diawasi.
1). Pemakaian kaset pelajaran bahasa inggris
2). Pemanfaatan program siaran radio pendidikan
                  b. pemanfaatan media secara terkontrol
                      contohnya: pemanfaatan siaran radio untuk penataran guru , pemanfaatan media
                            untuk mencapai ijazah persamaan di AS.
c.       Pemanfaatan media secara perorangan, kelompok atau masal.
1). Media dapat digunakan secara perorangan.
      Artinya, media itu digunakan oleh orang tersebut saja.
2). Media dapat digunakan secara berkelompok
     Kelompok itu dapat berupa kelompok kecil dengan anggota 2 s.d 8 orang atau
     berupa kelompok besar yang beranggotakan 9 s.d 40 orang.
3). Media dapat digunakan secara masal.
     Orang yang jumlahnya puluhan, ratusan bahkan ribuan dapat menggunakan
     media itu secara bersama-sama.

B.     STRATEGI PEMANFAATAN
1.      Persiapan sebelum menggunakan media
Supaya penggunaan media dapat berjalan dengan baik, kita perlu membuat persiapan yang baik pula.

2.      Kegiatan selama menggunakan media
Yang perlu dijaga selama kita menggunakan media ialah suasana ketenangan. Gangguan-gangguan yang dapat mengganggu perhatian dan konsentrasi harus di hindarkan

3.      Kegiatan tindak lanjutMaksud kegiatan tindak lanjut ini ialah untuk menjajagi apakah tujuan telah tercapai selain itu, untuk memantapkan pemahaman terhadap materi intruksional yang disampaikan melalui media bersangkutan.



Sumber : buku ajar Media Pembelajaran

Saturday 13 January 2018

PEMANFAATAN PROGRAM MEDIA


PEMANFAATAN PROGRAM MEDIA




Dalam pemanfaatan program media, yang perlu dirancang dengan baik bukan hanya pembuatan media itu sendiri. Pemanfaatan media itu pun perlu diatur dan dirancang sebaik-baiknnya. Lebih-lebih bila media itu merupakan media pembelajaran. Supaya media pembelajaran itu efektif, pemanfaatan media itu harus direncanakan dan dirancang secara sistematis

A.    POLA PEMANFAATAN
            Ada beberapa pola pemanfaatan media pembelajaran yang dapat dilakukan diantaranya :
1.      Pemanfaatan media dalam situasi kelas (classroom setting)
2.      Pemanfaatan media diluar situasi kelas         
a.       pemanfaatan secara bebas
ialah bahwa media itu digunakan tanpa dikontrol atau diawasi.
1). Pemakaian kaset pelajaran bahasa inggris
2). Pemanfaatan program siaran radio pendidikan
                  b. pemanfaatan media secara terkontrol
                      contohnya: pemanfaatan siaran radio untuk penataran guru , pemanfaatan media
                            untuk mencapai ijazah persamaan di AS.
c.       Pemanfaatan media secara perorangan, kelompok atau masal.
1). Media dapat digunakan secara perorangan.
      Artinya, media itu digunakan oleh orang tersebut saja.
2). Media dapat digunakan secara berkelompok
     Kelompok itu dapat berupa kelompok kecil dengan anggota 2 s.d 8 orang atau
     berupa kelompok besar yang beranggotakan 9 s.d 40 orang.
3). Media dapat digunakan secara masal.
     Orang yang jumlahnya puluhan, ratusan bahkan ribuan dapat menggunakan
     media itu secara bersama-sama.

B.     STRATEGI PEMANFAATAN
1.      Persiapan sebelum menggunakan media
Supaya penggunaan media dapat berjalan dengan baik, kita perlu membuat persiapan yang baik pula.

2.      Kegiatan selama menggunakan media
Yang perlu dijaga selama kita menggunakan media ialah suasana ketenangan. Gangguan-gangguan yang dapat mengganggu perhatian dan konsentrasi harus di hindarkan

3.      Kegiatan tindak lanjutMaksud kegiatan tindak lanjut ini ialah untuk menjajagi apakah tujuan telah tercapai selain itu, untuk memantapkan pemahaman terhadap materi intruksional yang disampaikan melalui media bersangkutan.



Sumber : buku ajar Media Pembelajaran