PEMANFAATAN PROGRAM MEDIA
Dalam pemanfaatan program media, yang
perlu dirancang dengan baik bukan hanya pembuatan media itu sendiri.
Pemanfaatan media itu pun perlu diatur dan dirancang sebaik-baiknnya.
Lebih-lebih bila media itu merupakan media pembelajaran. Supaya media pembelajaran
itu efektif, pemanfaatan media itu harus direncanakan dan dirancang secara
sistematis
A.
POLA
PEMANFAATAN
Ada beberapa pola pemanfaatan media
pembelajaran yang dapat dilakukan diantaranya :
1. Pemanfaatan
media dalam situasi kelas (classroom setting)
2. Pemanfaatan
media diluar situasi kelas
a. pemanfaatan
secara bebas
ialah
bahwa media itu digunakan tanpa dikontrol atau diawasi.
1).
Pemakaian kaset pelajaran bahasa inggris
2). Pemanfaatan
program siaran radio pendidikan
b.
pemanfaatan media secara terkontrol
contohnya:
pemanfaatan siaran radio untuk penataran guru , pemanfaatan media
untuk mencapai ijazah persamaan di AS.
c. Pemanfaatan
media secara perorangan, kelompok atau masal.
1). Media dapat digunakan secara
perorangan.
Artinya, media itu digunakan oleh orang
tersebut saja.
2). Media dapat digunakan secara
berkelompok
Kelompok itu dapat berupa kelompok
kecil dengan anggota 2 s.d 8 orang atau
berupa kelompok besar yang
beranggotakan 9 s.d 40 orang.
3). Media dapat digunakan secara
masal.
Orang yang jumlahnya puluhan, ratusan bahkan ribuan dapat menggunakan
media itu secara bersama-sama.
B.
STRATEGI
PEMANFAATAN
1. Persiapan
sebelum menggunakan media
Supaya penggunaan media
dapat berjalan dengan baik, kita perlu membuat persiapan yang baik pula.
2. Kegiatan
selama menggunakan media
Yang perlu dijaga
selama kita menggunakan media ialah suasana ketenangan. Gangguan-gangguan yang
dapat mengganggu perhatian dan konsentrasi harus di hindarkan
3. Kegiatan
tindak lanjutMaksud kegiatan
tindak lanjut ini ialah untuk menjajagi apakah tujuan telah tercapai selain
itu, untuk memantapkan pemahaman terhadap materi intruksional yang disampaikan
melalui media bersangkutan.
Sumber : buku ajar Media Pembelajaran